11. Industrialisasi di Indonesia
11.1    Konsep dan Tujuan Industrialisasi
Industri merupakan kumpulan perusahaan-perusahaan yang menghasilkan barang homogen atau barang yang memiliki sifat saling mengganti yang sangat erat. Dari sisi pembentukan pendapatan secara makro industri merupakan kegiatan ekonomi yang menciptakan nilai tambah. (Hasibuan, 1993: 12)

Kosep Industrialisasi
Dr. Tulus T.H. Tambunan, “Industrialisasi merupakan suatu proses interaksi antarapengembangantehnologi,inovasi,spesialisasiproduksi, dan perdagangan antara negara, yang padaakhirnya sejalan dengan meningkatnya pendapatanmasyarakat mendorong perubahan struktur ekonomi dibanyak negara dari yang terjadinya berbasis pertanianmenjadi berbasis industri.”

Tujuan Industrialisasi
Sejarah ekonomi dunia menunjukkan bahwa industrialisasi merupakan suatu proses interaksi antara pengembangan teknologi, inovasi, spesialisasi produksi, dan perdagangan antarnegara, yang pada akhirnya sejalan dengan meningkatnya pendapatan masyarakat mendorong perubahan struktur ekonomi di banyak negara, dari yang tadinya berbasis pertanian menjadi berbasis industri. Dapat dikatakan bahwa terutama kombinasi antara dua pendorong dari sisi penawaran agregat (produksi,) yakni progres teknologi dan inovasi produk serta proses produksi, dan peningkatan pendapatan masyarakat yang mengubah volume dan komposisi konsumsi sisi permintaan agregat, merupakan kekuatan utama di balik akumulasi proses industrialisasi di dunia. 

Referensi:
Tambunan, Tulus T.H. (2003), perekonomianindonesiabeberapamasalahpenting, penerbitGhalia Indonesia



Komentar

Postingan Populer