Unsur penulis untuk menciptakan tulisan sistematik dan menarik


Seseorang yang asing dengan dunia menulis dan mengekpresikan lewat kata akan menyulitkan memang untuk memulai membuat suatu karya, ketika semua yang ada dipikiran tidak bisa terjelaskan dengan lisan. Tentu ada jalan lain, salah satu pilihan adalah tulisan. Bukan kah hidup ini juga pilihan ? Jadi pilihlah sesuai apa yang menurutmu sejalan dengan kata hati, setidaknya kau akan bahagia menjalaninya…..

Menulis sebuah artikel yang mempunyai manfaat bagi orang banyak adalah hal yang sulit, karena fungsi manfaat dari masing-masing individu pasti akan berbeda dikarenakan kebutuhan masing-masing individu juga berbeda. Namun, penulis mencoba menuangkan semua ide mereka sehingga terkesan terlalu tidak bermanfaat karena tidak disertakan bukti misalnya atau penulisan artikel yang terlalu panjang dan membosankan.

Berikut adalah 6 prinsip utama penulis untuk menciptakan tulisan yang sistematik dan menarik :

·         Pastikan bahwa Anda telah menulis sebuah judul artikel yang meyakinkan pembaca bahwa mereka akan menemukan sesuatu yang berharga di dalamnya.
·         Buatlah paragraph pertama yang menjelaskan mengapa topik yang Anda tuliskan sangat berharga bagi pembaca, jika mungkin sertakan bukti-bukti yang memperkuat pernyataan Anda tersebut.
·         Sub heading sangat penting untuk menimbulkan kesan "Penting" bagi pembaca Anda, terkadang sebuah tulisan yang penting justru menjadi tidak penting ketika kita salah dalam memberikan penekanan-penekanan.
·         Buatlah paragraph terakhir yang berisikan saran terbaik untuk pembaca dalam mengaplikasikan prinsip-prinsip penting yang Anda tuliskan di dalam artikel Anda. Jelaskan bagaimana prinsip tersebut akan menjadi solusi bagi permasalah pribadi maupun bisnis mereka.
·         Anda boleh meninggalkan jejak di akhir tulisan, biarkan pembaca menikmati tulisan Anda hingga tuntas dan mendapatkan manfaatnya untuk kemudian membaca sedikit promosi ringan dari Anda.
·         Pembaca sangat menyukai check list, usahakan membuat sebuah artikel yang berisikan poin-poin penting untuk mempermudah pembaca dalam menemukan hal-hal penting yang perlu mereka perhatikan.



Referensi :
http://www.jasatulisartikel.com/blog/tips-menulis-artikel-6-prinsip-utama-dalam-penulisan-artikel-bermanfaat

Komentar

Postingan Populer