Jangan Rusak Hutan Kami !

Merusak itu mudah . apa pun urusan , konteks dan waktunya merusak itu mudah . pohon mahoni berumur 2 tahun yang sudah setinggi kira-kira 3 meter lalu di tebang hanya dalam waktu kurang dari 10 menit . itulah perbandingan betapa mudahny amerusak dan betapa susahny amembenahi lagi .
Waktu dua tahun menanti sebuah pohon untuk tegak, hijau dan member manfaat pada kehidupan bukanlah waktu yang sekejap .selain itu butuh energy dan dana untuk membangunnya . begitu pun dengan reboisasi hanya hutan yang rusak bukanlah perkara  mudah , ada biro krasi terkadang membuat dana tersebut terhambat keluar

2 juta hektar = 5,7 triliun
Jutaan hektar hutan Indonesia sudah rusak .pada tahun2007 , pemerintah menyedikan dana sebesar 5,7 triliun untuk reboisasi hutan seluas 2 hektar . Tinggikah nilai itu ??
Mungkin masih kurang karna Indonesia kehilangan hutannya sekitar 2,8juta hektar pertahun . padahal reboisasi adalah proses panjang yang membutuhkan banyak pihak untuk saling bekerjasama .

One Man , One Tree
Apakabar program “one man ,one tree”? masihkan gaungnya masih senyaring pada saat di luncurkannya ? proyek “one billion tree”yang juga dideklarasikan oleh pemerintah.  Tinggal selogan kah atau ada implementasinya hingga saat ini ??
Tidak mudah menggunakan pola pikir sebuah generasi .dari pola piker perusak , mau menang dan enak sendiri kearah pola piker membangun dan memberi . bila saja setiap individu di Indonesia ini dididik untuk lebih banyak member dan membangun tentunya reboisasi hutan tidak akan menjadi masalah lagi . semua orang ingin member dan membangun tanpa merusak .

Komentar

Postingan Populer